Analisis Konten Alshad Ahmad

Nama: Dinan Abshari 

NIM:  1502180223

Kelas: KM-42-MC-05

Analisis Konten Alshad Ahmad

Alshad Ahmad adalah seorang public figure yang sedang viral akhir-akhir ini. Alshad Ahmad pertama kali dikenal publik karena ia merupakan salah satu anggota keluarga dari artis terkenal, Raffi Ahmad. Setelah viral karena merupakan satu keluarga dengan Raffi Ahmad, Alshad Ahmad kembali terkenal karena memelihara harimau dirumahnya. Tak hanya harimau, Alshad Ahmad memiliki berbagai hewan-hewan eksotis lainnya yang ia rawat dirumahnya, seperti binturong, burung unta, makau, rusa, dan lain-lain. Alshad Ahmad pun memiliki media sosial, Instagram dan Youtube. Melalui media sosialnya, Alshad Ahmad sering kali mengunggah beberapa konten mengenai satwa-satwa eksotis yang menjadi peliharaan dirumahnya. Alshad Ahmad sangat konsisten dalam menunjukan personal branding-nya.

Konten-konten yang dibuat oleh Alshad Ahmad menarik perhatian saya. Menurut saya, cukup sulit untuk membuat konten edukasi satwa eksotis dengan tetap mengandung unsur entertaiment. Selain itu, konten-konten yang dibuat oleh Alshad Ahmad sangat konsisten. Walaupun tidak setiap konten menceritakan mengenai hewan-hewan peliharaannya, semua konten Alshad Ahmad selalu mengandung unsur-unsur satwa. Alshad Ahmad pun berhasil menarik perhatian masyarakat, hingga ia berhasil diundang oleh stasiun TV swasta untuk menjadi pengisi acara edukasi satwa, seperti Dunia Binatang Trans 7, Safana Trans TV.  Selain hanya membuat konten mengenai hewan eksotis peliharannya, Alshad Ahmad pun sering mengunggah kegiatannya bersama komunitas pencinta hewan eksotis. Alshad Ahmad pun sering kali membuat konten-konten edukasi mengenai hewan eksotis, namun tetap mengandung entertaiment. Berkolaborasi dengan artis terkenal, influencer, maupun youtuber, Alshad Ahmad berhasil menarik perhatian masyarakat sekaligus memberikan edukasi mengenai hewan-hewan eksotis. 

Alshad Ahmad memiliki 2 media sosial yang menjadi tombak utama bagi karirnya, yakni Instagram dan Youtube. 


Instagram @alshadahmad


Youtube Alshad Ahmad

Kedua media sosial Alshad Ahmad dibuat dan disebar oleh ia sendiri. Alshad Ahmad memiliki tim khusus untuk membuat video-video konten yang akan di-upload melalui Youtube. Melalui Youtube, Alshad Ahmad sering kali mengunggah video-video bagaimana ia merawat peliharaan uniknya. Youtube Alshad Ahmad telah memiliki pengikut sebanyak 2.43 juta akun. Youtube Alshad Ahmad telah ditonton sebanyak 210,934,234 kali. Dilansir dari socialblade.com, Youtube Alshad Ahmad masuk kedalam peringkat B+. 



ER Calculator Youtube Alshad Ahmad (https://socialblade.com/youtube/channel/UC3vEIgE_o46HVa8QrPa8Svg)
 

 Konten Youtube Alshad Ahmad mayoritas mengunggah tentang harimau peliharannya, Eshan dan Jinora. Konten paling banyak dilihat yaitu konten Datangnya Kucing Oren Si Raja Hutan ke Rumah Gue  yang diunggah setahun yang lalu. Konten tersebut berhasil ditonton sebanyak 10 juta views. Berdasarkan jumlah rating, masyarakat sangat menyukai konten-konten yang membahas mengenai Eshan dan Jinora. Hasil dari analisis saya, kepemilikan media Youtube Alshad Ahmad termasuk kedalam katogeri owned.  Hal tersebut dikarenakan media Youtube yang dimiliki oleh Alshad Ahmad merupakan media yang ia buat dan sebar atas nama personal. Walaupun ia memiliki tim khusus untuk Youtube, Alshad Ahmad memiliki kuasa penuh atas kepemilikan media Youtube-nya. 

Instagram Alshad Ahmad merupakan media sosial kedua yang ia miliki. Melalui Instagramnya, Alshad Ahmad sering kali mengunggah konten-konten yang berhubungan dengan Youtube. Namun, Instagram Alshad Ahmad lebih pribadi. Dimana, ia sering kali mengunggah kehidupan pribadinya melalui Instagram yang ia miliki. Alshad Ahmad memiliki 881.519 pengikut di Instagramnya. Dilansir dari Tanke.fr, Alshad Ahmad memiliki engagement rate sebesar 14%. 

ER Calculator Instagram Alshad Ahmad (https://www.tanke.fr/en/instagram-engagement-rate-calculator-2/) 

Ia pun mendapatkan logo verified atau yang populer disebut, ceklist biru. Melalui Instagramnya, Alshad Ahmad sering kali mengunggah mengenai kehidupan pribadi, peliharaan eksotisnya, penghargaan, hingga beberapa endorsment yang ia dapatkan. Hasil dari analisis saya, kepemilikan media Instagram Alshad Ahmad masuk kedalam kategori owned. Hal tersebut dikarenakan media Instagram  yang dimiliki oleh Alshad Ahmad merupakan media yang ia buat dan sebar atas nama personal. Alshad Ahmad memiliki kuasa penuh terhadap media Instagram miliknya. 

Bedasarkan data-data tersebut, Alshad Ahmad memiliki 2 media sosial yang memiliki citra dan rating yang cukup baik. Menurut hasil analisis saya, media sosial yang paling efektif adalah Youtube. Media Youtube menjadi media yang paling efektif untuk memberikan pesan edukasi mengenai satwa-satwa eksotis. Hal tersebut terbukti dengan rating Youtube Alshad Ahmad yang masuk kedalam kategori B+. Masyarakat pun akan lebih banyak mendapatkan informasi melalui Youtube. Instagram merupakan media sosial yang baik untuk mengekspresikan diri seorang Alshad Ahmad, namun bukan media yang baik untuk menyebarkan pesan edukasi mengenai stawa eksotis. Untuk tujuan dan kepentingan Alshad Ahmad dalam membuat konten mengenai satwa eksotis, maka media Youtube adalah media terbaik untuk menuangkan seluruh pesan kepada masyarakat. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Georg Lukács